Akademi

Kegunaan Tool pada Aplikasi CorelDraw Part 1

Halo teman-teman, seperti yang kalian tahu, saat ini banyak software yang berguna untuk mendukung kegiatan proyek. Salah satunya adalah CorelDraw.

– Kegunaan Tool pada Aplikasi Coreldraw Part 1

Halo teman-teman, seperti yang kalian tahu, saat ini banyak software yang berguna untuk mendukung kegiatan proyek. Salah satunya adalah . Dalam dunia desain grafis, CorelDRAW adalah salah satu perangkat lunak yang paling populer untuk membuat gambar atau pola berdasarkan vektor.

Perangkat lunak ini memiliki beragam kegunaan yang sangat berguna bagi para profesional desain grafis, seperti pembuatan sketsa, gambar, logo, denah arsitektur, dan masih banyak lagi.

Dengan CorelDRAW, Anda dapat membuat karya seni atau desain grafis dengan presisi tinggi dan kejelasan yang baik, karena format vektor memungkinkan penggambaran yang tajam dan detail yang lebih halus.

Untuk menggunakan aplikasi ini, Anda harus terlebih dahulu memahami fungsi alat di CorelDraw. Berikut adalah penjelasan fungsi tool pada CorelDraw.  

1. Picktool

Pick tool memungkinkan Anda untuk memilih, memilih, dan menyesuaikan ukuran dan posisi objek. Selain itu, alat seleksi memiliki beberapa alat tambahan seperti: 

  • Free Transform tool, untuk mengatur skala ukuran dari objek.
  • Freehand Pick tool yang berfungsi untuk menyeleksi objek dengan bebas.

2. Shape Tool

Shape tool memiliki fungsi untuk membuat atau mengubah objek menjadi bentuk lain dengan menggunakan simpul dari objek tersebut. Sudut-sudut objek bisa dibulatkan atau diasah. 

3. Smoot Tool

Smooth tool berfungsi untuk meluruskan atau menghaluskan garis atau sketsa yang kamu buat.

4. Smear tool

Smear tool berguna untuk mengubah bagian objek yang melengkung. Metode ini dapat dilakukan dengan menyeret bagian objek yang dipilih ke luar atau ke dalam. Sehingga objek tersebut nantinya bisa dibawa ke bentuk baru.  

5. Swirl tool

Dengan menggunakan alat Rotator ini, Anda dapat mengubah orientasi objek dan memberikan efek rotasi yang menarik pada karya seni atau desain grafis yang Anda buat di CorelDRAW.Silakan lihat contoh gambar di bawah ini untuk informasi lebih lanjut. 

6. Attract and Repel tool

Alat ini bisa sangat berguna bagi Anda yang sering membuat gambar seperti sketsa atau kartun. Alat Attract and Repel dengan bebas memodifikasi bagian objek dengan membuatnya melengkung atau runcing. Cara menggunakannya Klik dan seret ke luar atau ke dalam bagian objek yang dipilih. Untuk efek yang lebih halus, seret sambil menahan tombol mouse.  

7. Smudge tool

Smudge tool digunakan untuk memodifikasi bagian-bagian objek dalam bentuk lingkaran atau kurva. Caranya adalah dengan mengklik garis objek yang dipilih dan Anda dapat dengan bebas mengubah bentuk objek tersebut.  

8. Roughen tool

Roughen tool bisa kamu gunakan untuk mengubah bagian objek khususnya pada garis menjadi runcing atau bentuk bergerigi seperti gergaji. Cara menggunakannya yaitu dengan klik bagian objek dan tarik. Tool ini bisa juga kamu gunakan untuk membuat gambar rumput atau objek lainnya dengan bentuk kasar.

9. Crop tool

Crop tool memiliki fungsi untuk memotong dan menghilang bagian objek yang dipilih. Adapun caranya kamu tinggal menyeleksi bagian objek yang ingin dihilangkan.

Selain crop tool, terdapat juga tool tambahan lainnya seperti,

  • Knife tool, untuk memotong objek.
  • Virtual Segment Delete tool, untuk menghapus bagian sudut atau pertemuan antar garis pada objek.
  • Eraser tool, untuk menghilangkan dan menghapus bagian yang tidak diinginkan pada objek/gambar.

10. Zoom tool

Zoom tool berfungsi untuk mengatur ukuran tampilan dari lembar kerja pada CorelDraw. Kamu bisa memperbesar atau memperkecil tampilan dari lembar kerja sesuai dengan yang kamu inginkan. Pada tool ini juga terdapat tool lainnya seperti, Pan tool yang berguna untuk mengontrol dan menggeser tampilan lembar kerja.

11. Freehand tool

Freehand tool berfungsi untuk membentuk garis secara bebas yang bisa digunakan untuk membuat gambar atau desain.

Pada tool ini juga terdapat beberapa tool yang bisa digunakan untuk menunjang aktivitas desainmu seperti :

  • Point Line tool, untuk menggambar garis lurus yang terdiri dari dua titik penghubung
  • B├Ęzier tool, untuk menggambar garis kurva yang dapat dihubungkan antartitik.  
  • Pen tool, untuk menggambar garis kurva secara langsung dan bisa diubah menjadi sebuah objek.
  • B-Spline, untuk membuat garis kurva yang dihubungan dengan bentuk melengkung.
  • Polyline tool, untuk menggambar garis dengan bentuk lurus ataupun bebas yang dapat dilakukan secara bersamaan.
  • Point Curve tool, untuk membuat garis atau kurva bedasarkan 3 titik awal.

Jadi itulah beberapa tools pada Coreldraw bagian part 1 untuk kegunaan tool pada aplikasi coreldraw part 2 nya silahkan klik tombol dibawah ini:

Related Posts

1 of 17