AkademiLaptopSoftware

Cara Cek Kesehatan HDD, Memory, dan Baterai laptop dari CMD

Cek kesehatan laptop dari Command Prompt (CMD) adalah salah satu cara untuk memeriksa kondisi hardware dan software pada laptop kamu. Berikut ini adalah beberapa langkah-langkah untuk melakukan cek kesehatan laptop dari CMD:

Cek Kesehatan Laptop CMD

Nongkingopi.com – Cek kesehatan laptop dari Command Prompt (CMD) adalah salah satu cara untuk memeriksa kondisi hardware dan software pada laptop kamu. Berikut ini adalah beberapa langkah-langkah untuk melakukan cek kesehatan laptop dari CMD:

Buka Command Prompt

Untuk membuka Command Prompt, klik tombol “Start” di sudut kiri bawah layar dan ketik “cmd” di kotak pencarian. Pilih “Command Prompt” dari hasil pencarian. Jangan lupa jalankan sebagai administrator!

BACA JUGA : Cara Mempercepat Laptop Tanpa Beli Hardware Baru atau Membongkar

Perintah “sfc /scannow”

Sfc adalah singkatan dari “System File Checker”. Perintah ini akan memeriksa integritas semua file sistem Windows dan memperbaiki file yang rusak atau hilang. Untuk menjalankannya, ketik “sfc /scannow” di Command Prompt dan tekan Enter. Proses ini mungkin memakan waktu beberapa menit tergantung pada kecepatan laptop kamu.

BACA JUGA : Tipe Laptop yang Sebaiknya Dihindari di Tahun 2023

Perintah “chkdsk”

Chkdsk adalah singkatan dari “check disk”. Perintah ini akan memeriksa partisi hard disk dan memperbaiki kesalahan yang terdeteksi. Untuk menjalankannya, ketik “chkdsk” di Command Prompt dan tekan Enter. Anda juga dapat menambahkan opsi seperti “/f” untuk memperbaiki kesalahan yang terdeteksi, atau “/r” untuk memindai sektor yang rusak dan memulihkan data dari sektor tersebut.

BACA JUGA : Tips Mengevaluasi Kualitas Laptop dengan Cepat

Perintah “wmic diskdrive get status”

Perintah ini akan menampilkan status disk drive Anda. Untuk menjalankannya, ketik “wmic diskdrive get status” di Command Prompt dan tekan Enter. Status yang mungkin ditampilkan antara lain “OK” atau “Prediksi Kerusakan” yang menunjukkan bahwa ada masalah pada hard disk kamu.

BACA JUGA : Jenis – Jenis Aplikasi Wajib di Laptop

Perintah “wmic memorychip get capacity”

Perintah ini akan menampilkan kapasitas RAM yang terpasang pada laptop kamu. Untuk menjalankannya, ketik “wmic memorychip get capacity” di Command Prompt dan tekan Enter. kamu akan melihat kapasitas RAM yang terpasang dalam format kilobyte (KB). Untuk mengubah ke megabyte (MB), bagi angka kapasitas RAM dengan 1024.

BACA JUGA : 5 Kesalahan Umum yang Harus Dihindari saat Membeli Laptop Baru!

Perintah “powercfg /batteryreport”

Perintah ini akan menghasilkan laporan tentang penggunaan baterai laptop kamu. Untuk menjalankannya, ketik “powercfg /batteryreport” di Command Prompt dan tekan Enter. Kamu akan melihat informasi tentang kapasitas baterai, umur baterai, dan seberapa sering baterai telah diisi ulang.

Dengan melakukan langkah-langkah di atas, Anda dapat memeriksa kesehatan laptop Anda dari Command Prompt. Namun, jika Anda mengalami masalah serius seperti laptop yang mati mendadak atau kinerja yang buruk, sebaiknya Anda membawa laptop Anda ke teknisi yang terpercaya untuk diperbaiki.

  • Bagaimana cara membuka Command Prompt untuk memeriksa kesehatan laptop?
  • Bagaimana cara menggunakan Perintah “sfc /scannow”?

BACA JUGA : Apakah Programmer Wajib Menguasai Matematika?

Cek Kesehatan Laptop CMD

"Hanya manusia biasa yang mencoba menjalani hidup sebaik mungkin. Kami mungkin tidak sempurna, kadang-kadang membuat kesalahan, dan memiliki keterbatasan kami sendiri. Namun, kami juga memiliki potensi untuk tumbuh, belajar, dan berkembang dari…

Related Posts

1 of 22