BeritaHealthLife Style

Cara Mengetahui Status Aktif atau Tidak Aktif Nomor BPJS Kesehatan Secara Online

BPJS Kesehatan menjadi hal penting bagi sebagian masyarakat karena layanan ini dapat memudahkan akses terhadap pelayanan kesehatan.

Cara Mengetahui Nomor BPJS

– BPJS Kesehatan menjadi hal penting bagi sebagian masyarakat karena layanan ini dapat memudahkan akses terhadap pelayanan kesehatan.

Namun, masalah dapat muncul ketika kita lupa nomor BPJS Kesehatan kita. Nomor ini diperlukan untuk melakukan pengecekan layanan kesehatan, tagihan, dan pembayaran iuran.

Beruntungnya, terdapat beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengecek nomor BPJS Kesehatan secara online. Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa cara tersebut dengan memanfaatkan data NIK KTP peserta BPJS.

Cara Mengecek Nomor BPJS Kesehatan

1. Melalui SMS

Salah satu cara yang dapat Anda gunakan adalah melalui kanal SMS Gateway. Anda dapat mengirimkan SMS ke nomor 0877-7550-0400 dengan format NIK (spasi) NIK. Dengan mengikuti format ini, Anda dapat menerima balasan yang berisi nomor BPJS Kesehatan Anda beserta statusnya.

2. Menggunakan Aplikasi Mobile JKN

Anda juga dapat melakukan pengecekan nomor BPJS Kesehatan melalui aplikasi Mobile JKN. Pertama, unduh aplikasi ini melalui Google Play Store atau App Store. Setelah mengunduhnya, buka aplikasi tersebut dan lakukan login. Selanjutnya, pilih menu “Peserta” dan pilih jenis kartu yang ingin Anda gunakan untuk pengecekan.

3. Melalui WhatsApp

BPJS Kesehatan juga menyediakan kanal layanan administrasi melalui WhatsApp. Namun, Anda perlu mencari nomor PANDAWA pada kantor cabang BPJS terdekat untuk menggunakan layanan ini. Dengan menghubungi nomor tersebut melalui WhatsApp, Anda dapat meminta bantuan untuk mengecek nomor BPJS Kesehatan Anda.

4. Menghubungi Call Center

Anda dapat menghubungi call center BPJS Kesehatan dengan nomor 165 untuk mengecek nomor BPJS Kesehatan. Layanan ini tersedia 24 jam sehari, sehingga Anda dapat menghubunginya kapan pun Anda membutuhkannya.

5. Mengunjungi Kantor Cabang Terdekat

Jika Anda ingin melakukan pengecekan nomor BPJS secara offline, Anda dapat mengunjungi kantor cabang BPJS Kesehatan yang terdekat dengan lokasi Anda. Petugas di sana akan membantu Anda untuk mengecek nomor BPJS Kesehatan Anda.

6. Melalui Media Sosial

Anda juga dapat bertanya mengenai nomor BPJS Kesehatan melalui akun resmi media sosial BPJS Kesehatan. Cukup tuliskan pertanyaan Anda melalui akun resmi perusahaan, dan mereka akan memberikan panduan atau informasi yang Anda butuhkan.

BACA JUGA : 7 Resep Makanan Sehat dan Lezat untuk Diet

Dengan mengikuti salah satu atau beberapa cara di atas, Anda dapat dengan mudah mengecek nomor BPJS Kesehatan Anda dan memastikan apakah nomor tersebut aktif atau tidak. Dengan memiliki nomor BPJS Kesehatan yang valid, Anda dapat mengakses layanan kesehatan yang disediakan oleh BPJS dengan lebih mudah dan nyaman.

Catatan: Pastikan Anda memiliki data NIK KTP yang valid dan sesuai saat melakukan pengecekan nomor BPJS Kesehatan.

Cara Mengetahui Nomor BPJS

Related Posts

1 of 79