Life StyleSoftware

Review Undawn: Zombie Open World yang Sangat Realistis

Tema survival zombie memang sudah banyak digunakan dalam game, namun Undawn dengan sungguh-sungguh menghadirkan kualitas grafis yang sangat tinggi.

– Undawn adalah sebuah game mobile yang baru dirilis oleh Garena pada tanggal 29 Juni 2023.

Namun, perlu diketahui bahwa Undawn tidak hanya tersedia di platform mobile (Android/iOS), tetapi juga di PC.

Hal ini menjadikan game ini menawarkan pengalaman bermain yang sangat realistis, bahkan lebih dari yang diharapkan dari sebuah game mobile.

Tema survival zombie memang sudah banyak digunakan dalam game, namun Undawn dengan sungguh-sungguh menghadirkan kualitas grafis yang sangat tinggi.

Game-game MMO (Massively Multiplayer Online) dan RPG pada umumnya menawarkan grafis yang baik, meskipun tidak setara dengan versi PC-nya.

Namun, Undawn mengambil pendekatan berbeda dengan menyadari bahwa untuk menciptakan suasana menegangkan dan horor yang sesuai dengan tema survival zombie, kualitas grafis game ini harus sangat realistis.

Desain Open-World yang Luas dan Realistis

Undawn menawarkan konsep open-world dengan elemen survival dan RPG. Berbagai lanskap yang menakjubkan disajikan di dalamnya, mulai dari perkotaan, pegunungan yang dilengkapi dengan hutan dan sungai, hingga gurun yang luas.

BACA JUGA : Skandal Terbaru! Shin Tae-yong Blacklist 4 Pemain Timnas Indonesia, Termasuk Nama Besar yang Mengejutkan!

Perubahan waktu siang dan malam serta perubahan cuaca memainkan peran penting dalam gameplay Undawn. Hal ini secara langsung mempengaruhi kondisi karakter Anda. Misalnya, petir dapat secara acak melukai karakter Anda di tengah pertempuran.

Desain open-world yang luas ini memberikan kesempatan bagi Undawn untuk menyajikan beragam aktivitas dan interaksi di dalamnya, bukan hanya fokus pada membunuh zombie.

Sistem Survival Realistis dan Crafting yang Lengkap

Dalam dunia Undawn yang luas, persiapan yang matang diperlukan sebelum menjelajahi lingkungan yang berbahaya. Tidak hanya zombie yang menjadi ancaman, tetapi juga kekuatan dan daya tahan karakter Anda selama petualangan.

Jarak tempuh perjalanan dengan berjalan kaki akan menguras energi karakter Anda dan menyebabkan rasa lapar. Anda dapat mengibaratkannya sebagai bermain game The Sims yang dipadukan dengan elemen zombie survival.

Terdapat banyak aktivitas yang harus dilakukan untuk menjaga karakter Anda tetap sehat sebelum siap untuk melawan zombie. Kemampuan karakter dapat ditingkatkan, mirip dengan The Sims, namun hal ini akan kita bahas lebih lanjut.

Undawn adalah game free-to-play yang tidak memerlukan pembelian untuk menang. Hampir semua item dalam game dapat diperoleh melalui aktivitas gathering.

Sistem crafting yang luas dan kompleks memungkinkan pemain untuk membuat berbagai macam item, mulai dari makanan, perlengkapan, senjata, hingga amunisi.

Gathering menjadi kegiatan yang sangat penting dalam Undawn, karena hampir tidak mungkin pemain mengabaikannya.

Tree Skill Keahlian hingga Kemampuan Senjata dan Gaya Bertarung

Salah satu hal yang membuat Undawn terasa sangat realistis adalah kompleksitas kemampuan karakter dan crafting yang ada di dalamnya. Keahlian seperti kekuatan atau daya tahan dapat dilatih dan ditingkatkan hingga tingkat tertentu.

Tingkat kerusakan dari senjata melee pun dapat ditingkatkan, demikian pula dengan kemampuan yang berkaitan dengan crafting dan gathering.

Undawn memiliki tree skill yang terbagi menjadi karakteristik karakter, skill survival atau profesi, hingga jenis senjata dan gaya bertarung.

Setiap pemain Undawn memiliki karakter yang unik dan saling melengkapi ketika bermain dalam mode guild atau multiplayer. Tingkat dan level dari skill tersebut juga akan mempengaruhi jenis perlengkapan yang dapat digunakan.

Seperti halnya game RPG pada umumnya, setiap perlengkapan dan senjata memiliki beberapa tingkatan dan kemampuan khusus. Undawn merupakan game yang kompleks namun tetap realistis.

Mode Pertempuran yang Beragam

Undawn tidak hanya menyajikan mode pertempuran PvP (Player vs. Player) dan PvE (Player vs. Environment), tetapi juga mode PvPvE yang menggabungkan keduanya.

Hal ini mirip dengan game multiplayer survival lainnya seperti Tom Clancy’s The Division.

Game ini menawarkan banyak mode dengan target dan tujuan misi yang berbeda-beda. Hampir semua mode permainan tembak-menembak dapat ditemukan dalam mode PvP, PvE, dan PvPvE Undawn.

Fitur-fitur seperti auto-matchmaking juga tersedia dalam Undawn, memudahkan proses terhubung ke mode multiplayer.

Jenis zombie yang menjadi musuh utama juga hadir dalam berbagai variasi dengan kemampuan menyerang yang beragam.

Related Posts

1 of 28