Berita

Rincian Menteri dan Wakil Menteri yang Dilantik dalam Reshuffle Kabinet Jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan melakukan perombakan kabinet atau reshuffle pada hari ini, Senin tanggal 17 Juli 2023.

Menteri Reshuffle Kabinet Jokowi

– Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan melakukan perombakan kabinet atau reshuffle pada hari ini, Senin tanggal 17 Juli 2023.

Surat undangan pelantikan menteri dan wakil menteri (wamen) telah dikonfirmasi oleh Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin.

Meskipun pengumuman perombakan kabinet telah dikonfirmasi, Bey Machmudin enggan untuk mengungkap secara langsung nama-nama menteri dan wamen yang akan dilantik oleh Jokowi.

Staf Khusus Menteri Sekretariat Negara Indonesia, Faldo Maldini, juga mengkonfirmasi adanya reshuffle ini tanpa menyebutkan detail tentang nama-nama yang akan dilantik.

Hingga saat ini, belum ada kepastian mengenai daftar lengkap menteri dan wamen yang akan dilantik. Faldo Maldini menyatakan bahwa rencananya Jokowi akan melantik sejumlah nama untuk masuk ke dalam kabinet Indonesia Maju.

Namun, informasi terperinci terkait personil yang akan dilantik masih ditunggu hingga pengumuman resmi dari Presiden.

BACA JUGA : Tepatnya Kapan Malam Satu Suro 2023? Memperingati Awal Tahun Baru Hijriah dalam Kalender Jawa

Informasi yang beredar menyebutkan bahwa pelantikan menteri dan wamen akan dilakukan di beberapa posisi kementerian, termasuk Kemkominfo, Kemendes PDTT, Kemenlu, Kemenag, dan Kemen BUMN.

Nama-nama yang mencuat dalam undangan termasuk Budi Arie Setiadi sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Nezar Patria sebagai Wamen Kominfo, Paiman Raharjo sebagai Wamendes PDTT, Pahala Mansury sebagai Wamenlu, Rosan Roeslani sebagai Wamen BUMN, dan Djan Farid sebagai Wantimpres.

Meskipun beberapa nama telah mencuat dalam undangan, mereka masih menunggu pengumuman resmi dari Presiden Jokowi. Budi Arie, yang disebut-sebut sebagai calon Wamendes PDTT, menyatakan bahwa mereka menghormati hak prerogatif Presiden dan menunggu pengumuman tersebut.

BACA JUGA : Menyelami Makna Pancasila: Nilai-nilai Indonesia yang Mendalam

Melalui perombakan ini, diharapkan kabinet Indonesia Maju Jokowi-Ma’ruf Amin dapat memperkuat dan mengoptimalkan kinerjanya dalam melaksanakan tugas-tugas pemerintahan untuk masa jabatan periode tahun 2019-2024.

Perombakan kabinet Jokowi dilakukan pada hari ini dengan rincian menteri dan wakil menteri yang akan dilantik. Meskipun detail lengkap masih menunggu pengumuman resmi, harapannya adalah agar kabinet Indonesia Maju dapat berkinerja lebih optimal dalam menjalankan tugas-tugas pemerintahan untuk periode masa jabatan 2019-2024.

Related Posts

1 of 61