LaptopTeknologi

AMD Ryzen 9 7945HX3D: Prosesor Laptop dengan Teknologi 3D V-Cache untuk Performa Tertinggi

Dengan segudang fitur inovatif, prosesor ini dijuluki sebagai prosesor mobile gaming tercepat di dunia.

– Pada acara China Digital Entertainment Expo and Conference, AMD menghadirkan kabar menggembirakan bagi para penggemar laptop gaming.

Mereka memperkenalkan prosesor terbaru mereka, yaitu Ryzen 9 7945HX3D, yang menjadi yang pertama dalam menggunakan teknologi AMD 3D V-Cache pada laptop.

Dengan segudang fitur inovatif, prosesor ini dijuluki sebagai prosesor mobile gaming tercepat di dunia. Artikel ini akan mengulas secara mendalam tentang spesifikasi dan fitur unggulan dari Ryzen 9 7945HX3D.

Spesifikasi Ryzen 9 7945HX3D

Spesifikasi Ryzen 9 7945HX3D

Ryzen 9 7945HX3D adalah kekuatan sejati dalam bentuk prosesor untuk laptop. Dengan 16 inti dan 32 thread, prosesor ini dengan mudah menghadapi beban tugas yang berat.

Tidak hanya itu, kinerjanya mencengangkan dengan kecepatan clock hingga 5,4 GHz pada 2 Complex Core Die (CCD).

Meskipun TDP (Thermal Design Power) standarnya adalah 55 watt, produsen dapat mengonfigurasinya hingga 75 watt untuk memberikan performa maksimum.

Namun, salah satu keunggulan utama dari prosesor ini adalah kapasitas total cache sebesar 145 MB, yang mencakup L1 cache 1MB, L2 cache 16MB, dan paling menonjol adalah L3 cache yang ditingkatkan dari 64MB menjadi 128MB berkat teknologi AMD 3D V-Cache.

Teknologi AMD 3D V-Cache

Teknologi revolusioner AMD 3D V-Cache memungkinkan peningkatan besar-besaran pada kapasitas L3 cache prosesor.

Ryzen 9 7945HX3D berhasil menggandakan ukuran L3 cache menjadi 128MB, memberikan akses data yang lebih cepat dan efisien bagi prosesor.

Hasilnya, kinerja prosesor ini meningkat secara signifikan, terutama saat menangani aplikasi dan game berat yang memerlukan akses data yang cepat.

Fitur Overclocking dan AMD Precision Boost Overdrive

Tidak hanya andal dalam performa defaultnya, Ryzen 9 7945HX3D juga mendukung fitur overclocking manual atau otomatis dengan AMD Precision Boost Overdrive.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk meningkatkan kinerja prosesor secara ekstrim, tetapi harus dilakukan dengan hati-hati untuk menghindari masalah suhu berlebihan.

Dengan pengaturan yang tepat, pengguna dapat menyesuaikan kinerja prosesor sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka.

Penanganan Panas yang Efisien

Tentu saja, dengan kinerja yang mengagumkan, pengelolaan panas menjadi faktor penting. AMD telah mengatasi masalah ini dengan mengurangi suhu pengoperasian maksimum Ryzen 9 7945HX3D menjadi 89°C.

Lapisan memori ekstra dari teknologi 3D V-Cache membantu mencegah pembuangan panas secara efektif, sehingga prosesor dapat beroperasi dengan suhu yang lebih rendah.

Penggunaan laptop yang menggunakan Ryzen 9 7945HX3D dengan sistem pendingin yang baik akan memastikan kestabilan performa dalam jangka waktu yang lama.

BACA JUGA : Prosesor AMD Ryzen Z1 Extreme Mampu Tundukkan Intel Core i9-9900K

Grafis Terintegrasi dengan Teknologi RDNA2

Selain mengesankan di bagian CPU, Ryzen 9 7945HX3D juga hadir dengan grafis terintegrasi berbasis teknologi RDNA2.

Dengan dukungan dari Radeon 610M, laptop yang menggunakan prosesor ini akan lebih hemat daya saat menangani tugas-tugas grafis sederhana yang tidak memerlukan dukungan dari GPU diskrit.

Radeon 610M ini memiliki clock 2,2 GHz dengan total 2 core, memberikan pengalaman grafis yang memuaskan dalam penggunaan sehari-hari.

ASUS ROG Scar 17, Laptop Gaming Pertama yang Menggunakan Ryzen 9 7945HX3D

ASUS ROG Scar 17, Laptop Gaming Pertama yang Menggunakan Ryzen 9 7945HX3D

Laptop gaming pertama yang akan menampilkan kehebatan Ryzen 9 7945HX3D adalah ASUS ROG Scar 17. Laptop ini dijadwalkan untuk diluncurkan secara global pada tanggal 22 Agustus 2023.

Salah satu keunggulan utama dari laptop ASUS ini adalah teknologi ROG Intelligent Cooling yang terkenal mampu menurunkan suhu prosesor dan GPU dengan lebih optimal, menjaga performa sistem tetap stabil bahkan saat sesi gaming yang intens.

Dengan Ryzen 9 7945HX3D, laptop ASUS ROG Scar 17 pasti akan menjadi pilihan menarik bagi para gamers di seluruh dunia.

Meskipun laptop ASUS ROG Scar 17 dengan Ryzen 9 7945HX3D menarik perhatian banyak orang, sayangnya, hingga saat ini ASUS Indonesia belum mengumumkan rencana peluncuran di pasar Indonesia.

Tentu saja, hal ini mungkin menjadi berita yang mengecewakan bagi para penggemar AMD dan penggemar laptop gaming kelas atas.

Namun, harapan tetap ada agar ASUS dapat membawa laptop ini ke pasar Indonesia sehingga para penggemar teknologi tanah air juga dapat merasakan kehebatan dan daya tarik Ryzen 9 7945HX3D.

Related Posts

1 of 17